- 

SMP Negeri 2 Pemalang merupakan salah satu sekolah di wilayah Kabupaten Pemalang. Sejak tahun 2004 telah memperoleh predikat Sekolah Standar nasional dan pada tahun 2007 meintis menuju Sekolah Nasional yang bertaraf Internasional (SNBI). Banyak prestasi yang diraih dalam prestasi akademik maupun non akademik baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Propinsi. Keberhasilan SMPN 2 Pemalang dalam meraih prestasi dan predikat terbaik di Kabupaten Pemalang tidak lepas dari usaha keras pihak sekolah, Komite sekolah serta di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang, Propinsi maupun Pusat. SMPN 2 Pemalang juga mengucapkan banyak terima kasih kepada warga masyarakat Pemalang yang turut membantu kemajuan sekolah.


Pembangunan di bidang pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, potensi sumber daya manusia diaktualisasikan hingga optimal dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.

Peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademik, melainkan aspek non-akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun ekstra-kurikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistemik. Dengan upaya demikian, peserta didik diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh, hingga seluruh modal belajarnya berkembang secara optimal.

Berikut adalah keunggulan - keunggulan yang dimiliki SMP Negeri 2 Pemalang, antara lain:

  1. Memiliki akhlak mulia
  1. Sekolah (warganya) selalu melakukan 5S (senyur sapa salam sopan santun) terhadap siapa
  2. Sekolah melakukan komitmen anti narkoba.
  3. Sekolah melakukan komitmen dengan siswa untuk tidak menyontek.
  4. Sekolah melakukan program intra kurikuler seperti 15 untuk awal pelajaran dimulai dengan kegiatan keagamaan.
  5. Sekolah melakukan ekstra kurikuler seperti BTQ, tahfidz, kajian keagamaan, dll.
  6. Sekolah melakukan program kegiatan Shalat berjamaah, dll.
  7. Sekolah mempunyai tata tertib sekolah.
  8. Sekolah mempunyai budaya sekolah seperti jujur, disiplin, dll.
  9. Sekolah mempunyai kantin kejujuran.
  10. Sekolah memiliki tempat ibadah yang baik.
  11. Sekolah memiliki tata krama sekolah (siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan staf TU, guru dengan guru, dll.)
  12. Sekolah memiliki program kegiatan gerakan revolusi mental.
  13. Sekolah memiliki program Charity (amal sosial).

 

  1. Memiliki lingkungan ramah anak
  1. Sekolah melakukan perhatian terhadap disabilitasatau anak berkebutuhan khusus
  2. Sekolah memberikan fasilitas lingkungan yang tidak membahayakan anak seperti tidak ada tanaman berduri, tembok atau pagar serta pembatas yang tajam.
  3. Sekolah melakukan komitmen anti kekerasan anak/bullying, anti pelecehan seksual, dll.
  4. Sekolah melakukan komitmen anti merokok di Lingkungan sekolah (Smoking Area).
  5. Sekolah mempunyai kantin sehat.
  6. Sekolah mempunyai tempat pelayanan kesehatan anak (UKS/PMR).

 

  1. Berorientasi pada prestasi
  1. Sekolah melakukan program bimbingan prestasi baik siswa, guru, staf TU dan KS baik kabupaten, tingkat provinsi, tingkat nasional ataupun internasional.
  2. Sekolah melakukan ekstra kurikuler (akademik dan non akademik) seperti Pramuka, Karya Ilmiah Remaja, Klub Matematika, Klub Sains, English Club, Kelompok seni, Kelompok Olahraga, dll.
  3. Sekolah melakukan program sukses Asesmen Sekolah, Sukses Asesmen Nasional.
  4. Sekolah mempunyai inventarisasi piala, sertifikat penghargaan, dokumen prestasi, papan pajang karya siswa, dll.
  5. Sekolah memiliki ruang konsultasi/pelayanan kesulitan belajar anak.
  6. Sekolah memiliki ruang belajar/kelas yang representatif.

 

  1. Berorientasi sekolah hijau
  1. Sekolah memiliki taman hijau di sudut-sudut sekitar sekolah.
  2. Sekolah memiliki green house.
  3. Sekolah memiliki kebersihan yang terjaga.
  4. Sekolah memiliki pengelolaan sampah yang baik.
  5. Sekolah memiliki tanaman yang ada sekitar lingkungannya.
  6. Sekolah memiliki toilet atau WC sesuai dengan standar (kuantitas dan kualitas)
  7. Sekolah memiliki handwash/wastafel di sudut-sudut di sekitar sekolah.

 

  1. Berorientasi pada keunggulan lokal
  1. Sekolah melakukan program keunggulan lokal seperti kerajinan, gending, tarian, dll.
  2. Sekolah mempunyai kegiatan siswa berupa keunggulan lokal.

 

  1. Cerdas dalam mengakses berbagai informasi
  1. Sekolah mempunyai perpustakaan (offline dan online) yang standar.
  2. Sekolah mempunyai sumber bacaan yang memadai.
  3. Sekolah mempunyai fasilitas jaringan internet yang memadai.
  4. Sekolah memiliki ruang pameran karya siswa dan guru.
  5. Sekolah memiliki ruang dokumen atau arsip sekolah yang memadai.
  6. Sekolah mempunyai sudut baca untuk literasi.
  7. Sekolah mempunyai sudut atau ruang akses informasi sekolah yang mudah.
  8. Sekolah memiliki alamat Website atau media sosial media seperti EmailChannel Youtube, Facebook, dan Instagram yang mudah diakses oleh publik.
  9. Sekolah mempunyai manajemen/pengelolaan dokumen atau arsip siswa dan sekolah yang baik.

 

  1. Mampu berkompetisi di era global
  1. Sekolah mempunyai luaran atau lulusan yang baik (terukur).
  2. Sekolah (siswa dan guru) mampu berkomunikasi Bahasa Inggris.
  3. Sekolah mempunyai program penggunaan Bahasa Inggris seperti setiap hari Selasa (siswa dan guru menggunakan Bahasa Inggris, dll.)
  4. Sekolah mempunyai sister school (MOU dengan sekolah atau lembaga lain).
  5. Sekolah mempunyai program kewirausahaan untuk siswa.
  6. Sekolah mempunyai standar kerja sesuai dengan regulasi pemerintah (SNI/ISO).
  7. Sekolah senantiasa melakukan evaluasi diri (EDS) dengan baik.
  8. Sekolah memiliki RKS dan RKAS yang kompetitif, transparan dan akuntabel.
  9. Sekolah memiliki lab-lab Mata Pelajaran yang memadai.
  10. Sekolah memiliki sumber dana yang memadai.
Need Help? Chat with us